Bukan Nama Masakan, Ini Arti Rendang Sebenarnya!

Oct 19, 2020 | Artikel

Siapa yang tidak kenal rendang dan kelezatannya? Makanan dari Sumatra Barat ini pernah dinobatkan sebagai Makanan Terlezat di Dunia versi CNN lho. Tidak mengherankan, karena rendang memang dibuat dari berbagai rempah dan bumbu-bumbu sehingga menghasilkan cita rasa yang kaya di setiap gigitannya.

Tapi tahukah Anda rendang sebetulnya bukan nama masakan? Yuk cari tahu apa sebenarnya arti kata rendang dan sejarah masakan ini hingga jadi salah satu makanan terfavorit di dunia.

Arti kata

Rendang berasal dari nama teknik memasak “marandang” yang berarti “sangat lambat.” Kata tersebut sangat tepat mewakili masakan khas Minang ini, karena rendang yang autentik memang dibuat dalam waktu yang lama.

Proses pemasakan rendang memang memakan waktu hingga berjam-jam, bahkan berhari-hari, hingga tekstur daging menjadi kering, memiliki aroma rempah yang kuat, dan berwarna coklat gelap. Proses ini tidak berhenti setelah daging masak lho. Pernah dengar kan bahwa semakin lama disimpan dan semakin sering dipanaskan rendang akan terasa semakin nikmat?

Manfaat pemasakan marandang

Teknik masak “marandang” ini bukan hanya agar bumbu-bumbu lebih meresap dalam daging lho. Teknik ini juga dilakukan untuk mengawetkan daging secara alami. Ditambah lagi bumbu-bumbu rendang memiliki sifat antiseptik yang membunuh bakteri. Makanya rendang bisa bertahan hingga berminggu-minggu dan berbulan-bulan walaupun tanpa tambahan pengawet kimiawi.

Sejarah

Rendang sudah ada dalam budaya Minangkabau sejak berabad-abad yang lalu. Awalnya, rendang dibuat dari daging kerbau dan hanya disajikan pada saat acara-acara adat tertentu. Bumbu-bumbu rendang pun terus berevolusi seiring masuknya pengaruh dari negara-negara lain, seperti India.

Rendang sendiri pernah disebut dalam karya sastra Melayu klasik, seperti Hikayat Amir Hamzah yang menujukkan bahwa rendang sudah dikenal sejak tahun 1550-an. Makanan ini kemudian tersebar luas karena banyak orang Minang yang merantau untuk berdagang ke selat Malaka dan membawa rendang yang tahan lama sebagai perbekalan.

Para perantau ini lalu banyak juga yang menetap di suatu daerah, baik di dalam maupun luar Indonesia, dan membuka rumah makan Padang. Sehingga rendang bisa dikenal hingga ke seluruh Nusantara dan beberapa negara seperti Malaysia, Singapura, bahkan sampai ke negara di Eropa dan Amerika.

Filosofi

Proses masak rendang yang panjang dipercaya masyarakat Minang memiliki 3 makna, yaitu kesabaran, kebijkasanaan, dan ketemukan. Dan jika dilihat dari bahan-bahan yang digunakan, rendang mewakili 4 bahan pokok yang melambangkan keutuhan rakyat Minang.

Keempat bahan itu adalah daging, yang merupakan niniak mamak (para pemimpin suku adat), kelapa yang melambangkan cadiak pandai (kaum intelektual), cabai sebagai representasi para ulama, dan bumbu-bumbu lain yang melambangkan masyarakat Minangkabau secara keseluruhan.

Penghargaan

Nikmatnya rendang menjadikannya salah satu makanan terpopuler dari Indonesia. Rendang menduduki peringkat 1 daftar Makanan Paling Lezat di Dunia versi CNN International hingga 2 kali, yaitu di tahun 2011 dan tahun 2017,. Lalu rendang juga ditetakan sebagai salah satu dari 5 hidangan nasional Indonesia di tahun 2018.

Olahan rendang

Karena keawetannya, rendang sering jadi pilihan masakan untuk dibawa dalam perjalanan panjang. Misalnya untuk perjalanan haji, dikirim ke luar pulau atau luar negeri, dan lain-lain. Di saat persediaan daging banyak melimpah, seperti di waktu Idul Adha, banyak juga yang memanfaatkan teknik marandang untuk daging mereka.

Daging dan bumbu rendang yang kaya rasa banyak dimanfaatkan untuk banyak masakan lain seperti saus spaghetti, campuran sushi, isian burger, atau topping pizza. Anda tertarik mencoba beberapa menu fusion dengan daging atau bumbu rendang?

Sekarang Anda bisa membuat apapun dengan rendang tanpa harus repot dan lama, karena ada rendang siap santap dari Pawon Om Will. Dibuat dari bahan-bahan alami dengan resep dari Pakar Kuliner Indonesia William Wongso, rendang dari Pawon Om Will menawarkan cita rasa rendang yang autentik. Ditambah bahan-bahan sehat dan tanpa MSG, pewarna, perasa, dan pengawet buatan, Pawon Om Will juga memberikan nilai sehat di setiap suapannya.

Dengan proses masak dan sterilisasi modern, Pawon Om Will bisa bertahan hingga 1 tahun tanpa masuk kulkas sehingga lebih mudah disimpan dan dibawa kemana pun. Cara menikmatinya juga tidak kalah mudah. Cukup sobek kemasannya dan tuang isinya sebelum dinikmati, atau rendam dalam air mendidih selama 1 menit sebelum dihidangkan.

Semua kepraktisan dan kelezatan rendang ada dalam Pawon Om Will. Order sekarang melalui link berikut dan ikuti akun Instagram @PawonOmWill untuk tahu lebih banyak tentang istimewanya produk siap santap ini.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X